Minggu, 08 Agustus 2021

Bagaimana Cara Menentukan Asuransi Jiwa Khusus Warisan?

Kharazmi | Agustus 08, 2021
Bagaimana Cara Menentukan Asuransi Jiwa Khusus Warisan?

Pernahkah Anda mendengar tentang jaminan perlindungan asuransi jiwa khusus warisan yang kini banyak ditawarkan oleh pihak perusahaan asuransi di Indonesia? Ya, salah satu produk jaminan perlindungan kepada nasabah ini umumnya diberikan kepada yang berhak menerima jaminan jika sewaktu – waktu dirinya dinyatakan meninggal dunia akibat kondisi tertentu. 

Nah, biasanya dalam menentukan siapa saja orang yang berhak menjadi ahli waris pada asuransi ini, Anda perlu mengetahui lebih detail dengan menyimak penjelasannya sebagai berikut. 

Apa yang dimaksud ahli waris dalam jaminan perlindungan?

Dalam jaminan perlindungan, ahli waris merupakan orang–orang yang memiliki hak atas peninggalan harta dari nasabah yang meninggal dunia akibat mengalami kondisi tertentu. Nah, ahli waris ini biasanya memiliki ikatan tertentu dengan nasabah seperti ikatan keluarga maupun ikatan pernikahan. Namun, ada juga ahli waris yang bahkan tidak memiliki ikatan sama sekali dengan yang bersangkutan.
 
Terlepas dari hal tersebut, ahli waris sendiri dikatakan sah jika namanya tercatat pada surat wasiat yang sebelumnya telah dituliskan oleh orang yang bersangkutan. Sehingga, sang ahli waris berhak menggunakan peninggalan harta tanpa adanya gangguan dari pihak tertentu. 

Apa saja yang diperoleh dari asuransi jiwa khusus untuk warisan?

Jika nasabah meninggal dunia, maka pihak perusahaan asuransi seperti FWD Insurance Indonesia, misalnya, akan memberikan sejumlah perlindungan jiwa khusus kepada ahli waris (pihak keluarga), di antaranya adalah sebagai berikut:

● Memperoleh jaminan perlindungan 

Apabila nasabah meninggal dunia, maka pihak ahli waris bisa memperoleh uang pertanggungan dengan nilainya sesuai dengan polis yang diambil. Adapun uang pertanggungan ini diberikan selama masih berada di masa pertanggungan.

● Mendapatkan premi dengan harga yang terjangkau

Umumnya, asuransi jiwa yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi memiliki premi yang relatif terjangkau. Sehingga, Anda tidak perlu lagi mengorbankan segala aset hanya untuk membayarkan premi yang mahal.

● Mendapatkan perlindungan dengan proses yang mudah dan praktis

Dalam mendapatkan jaminan perlindungan, pihak perusahaan asuransi memberikan kemudahan dalam proses pengaplikasian bagi nasabah. Sehingga, nasabah lebih mudah dalam memperoleh asuransi jiwa untuk memproteksi dirinya.

Bagaimana cara menentukan asuransi jiwa khusus untuk warisan?

Dalam menentukan asuransi jiwa kepada ahli waris ini biasanya ditentukan dalam beberapa golongan seperti berikut ini:

● Golongan I 

Pada golongan pertama ini, nasabah bisa mewariskan hartanya kepada suami atau istri yang masih hidup dan juga kepada anaknya.

● Golongan II

Pada golongan kedua, nasabah bisa mewariskan hartanya kepada orang tua maupun saudara kandung.

● Golongan III

Pada golongan ketiga ini, nasabah bisa memberikan hartanya kepada keluarga yang memang masih memiliki ikatan secara garis lurus ke atas setelah bapak atau ibu.

● Golongan IV

Pada golongan keempat, nasabah bisa memberikan hartanya kepada paman atau bibi. Bisa dari pihak bapak ataupun dari pihak ibu, anak dari paman atau bibi.

Itulah dia penjelasan singkat terkait asuransi jiwa khusus untuk warisan. Semoga bermanfaat, ya!