Rabu, 07 April 2021

5 Hal Penting Sebelum Mengajukan Kredit Mobil Bekas

Kharazmi | April 07, 2021
5 Hal Penting Sebelum Mengajukan Kredit Mobil Bekas

Untuk Anda yang memiliki tingkat mobilitas tinggi, memiliki mobil pribadi tentu akan lebih aman dan efisien dibandingkan dengan naik transportasi umum. Anda tidak harus membeli mobil baru jika memang budget Anda masih terbatas, karena mobil bekas Bandung atau kota lainnya juga banyak yang kualitasnya masih cukup bagus. Tentunya, selama Anda jeli saat memeriksa sebelum membelinya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa membeli mobil bekas tersebut dengan sistem kredit, jadi semakin terjangkau kan?

Nah, jika Anda berencana untuk mulai hunting mobil bekas dan membelinya secara kredit, ada baiknya jika mengetahui 5 hal penting berikut terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan mobil dengan kualitas baik dan sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

  • Uang muka

Lakukan analisa kondisi keuangan Anda. Berapa jumlah maksimal yang Anda miliki untuk pembayaran uang muka tersebut? Dari nominal tersebut, Anda jadi bisa menentukan harga maksimal mobil yang bisa Anda pilih.

Ada baiknya jika Anda tidak langsung menghabiskan seluruh tabungan untuk membayar uang muka mobil, tetapi sisihkan juga untuk persiapan biaya lainnya. Seperti biaya pengecekan dan perbaikan mobil, serta untuk balik nama kendaraan.

  • Tenor kredit

Menentukan tenor pinjaman jangan hanya fokus pada besaran cicilan yang harus dibayar saja, tetapi juga harus sesuai dengan kondisi Anda. Misalnya sesuaikan dengan usia Anda.

Jangan pernah mengajukan kredit dengan tenor melewati batas usia produktif Anda. Sebab risikonya kemungkinan Anda masih memiliki utang saat memasuki usia pensiun dan tidak lagi memiliki penghasilan. Akibatnya, Anda sendiri yang akan kesulitan melunasi pinjaman tersebut sehingga terjadilah kredit macet.

  • Kondisi mesin

Mulailah untuk melihat-lihat mobil bekas, jika ingin membelinya. Anda perlu mengetahui bagaimana kondisi mesin ketika mobil dikendarai, jika aman mungkin bisa masuk dalam daftar mobil yang bisa dibeli nanti.

Jika Anda tidak begitu paham tentang mesin, maka ajaklah kenalan yang memahami hal tersebut. Beberapa orang yang paham tentang otomotif akan mengetahui adanya masalah pada mobil meskipun pemilik mobil tersebut berusaha menyembunyikannya.

  • Kelengkapan dokumen

Tanyakanlah kelengkapan dokumen kepada pemilik mobil, mulai dari STNK hingga BPKBnya. Kemudian cek apakah sesuai dengan mobil yang dijual karena tak sedikit mobil bodong yang dijual murah karena tidak punya surat yang lengkap.

Jangan pernah menerima mobil tanpa adanya dokumen yang lengkap apapun alasannya. Ada baiknya juga Anda menghindari mobil dengan kondisi STNK mati. Kecuali jika Anda bisa melakukan negosiasi agar harga mobil turun sebagai kompensasi matinya pajak STNK.

  • Riwayat mobil

Tahukah Anda bahwa mengetahui riwayat mobil dapat mencegah Anda mengalami kerugian materi dalam jumlah besar di masa mendatang? Misalnya dalam hal perbaikan mobil, atau yang paling parah mobil disita akibat terlibat tindakan kriminal.

Tanyakan apa saja yang pernah terjadi pada mobil tersebut. Apakah pernah kebanjiran? Kecelakaan yang pernah terjadi pada mobil? Apakah mobil pernah disewakan atau hanya untuk keperluan pribadi? Dan berbagai hal lain yang menurut Anda diperlukan. 

Pada dasarnya, membeli mobil bekas atau baru tidak masalah, selama mobil itu bisa difungsikan sesuai kebutuhan Anda. Namun dengan memerhatikan beberapa hal di atas, Anda bisa mendapatkan mobil yang sesuai kebutuhan Anda dan tidak akan merepotkan Anda di masa mendatang.
Kategori: ,