Minggu, 01 Maret 2020

Perhatikan 3 Hal ini Agar Terhindar Dari Beli Mobil Bekas Ilegal

Kharazmi | Maret 01, 2020
Inspeksi mobil bekas oleh tim Otospector
Inspeksi mobil bekas oleh tim Otospector
Ketika Anda ingin membeli mobil namun belum memiliki dana yang cukup untuk mobil keluaran terbaru, pilihan Anda tentu jatuh pada mobil bekas. Namun, saat ini marak terjadi penjualan mobil bekas ilegal yang biasanya berasal dari mobil curian. Untuk menghindari hal ini terjadi pada Anda, Anda bisa menggunakan jasa inspeksi mobil. Selain itu, Anda juga perlu teliti saat mengecek mobil bekas yang Anda beli dengan memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Periksa kelengkapan surat-surat mobil

Surat-surat mobil merupakan kelengkapan yang paling penting Anda dapatkan ketika membeli mobil, baik mobil baru ataupun mobil bekas. Selain memastikan bahwa mobil bekas yang Anda beli tersebut bukanlah mobil ilegal, kelengkapan surat-surat ini juga akan Anda butuhkan kedepannya agar bisa berkendara dengan aman dan juga mempengaruhi harga jual mobil jika suatu saat ingin Anda jual kembali. 

Jadi, pastikan mobil yang akan Anda beli memiliki surat-surat lengkap seperti STNK, BPKB, dan faktur pembelian mobil. Pastikan juga bahwa STNK mobil tersebut merupakan STNK asli yang masih berlaku. Anda juga perlu memperhatikan kesesuaian data-data yang terdapat pada surat-surat tersebut dengan data KTP penjual. Jika terjadi perbedaan data, Anda perlu bertanya lebih lanjut. Meskipun bisa saja data penjual dan data ada surat-surat mobil berbeda karena beberapa alasan yang cukup rasional.

2. Periksa nomor rangka dan nomor mesin

Setelah memeriksa surat-surat, Anda kemudian harus memeriksa bagian nomor rangka dan nomor mesin mobil. Para pelaku pencurian mobil biasanya mengelabui pembeli dengan mengganti nomor rangka dan nomor mesin mobil tersebut dengan potongan nomor  rangka dan mesin mobil lain. 

Jadi, pastikan tidak tidak ada sambungan logam yang dilas pada bagian nomor rangka dan mesin mobil untuk memastikan bagian tersebut tidak dimanipulasi. Untuk melakukan pengecekan ini, Anda bisa menggunakan jasa inspeksi mobil bekas

3. Harga yang wajar dan normal

Anda pasti ingin mendapatkan penawaran harga terbaik ketika ingin membeli mobil bekas. Namun, jangan mudah tergiur dengan penawaran harga mobil bekas yang terlalu murah dan jauh dari harga normal rata-rata mobil bekas yang dijual. 

Meskipun harga yang diberikan tidak menentukan mobil bekas tersebut adalah mobil ilegal, namun lebih baik Anda tetap berhati-hati. Sebaiknya pilihlah mobil bekas dengan harga yang wajar dan normal, tidak terlalu tinggi namun juga tidak terlalu murah.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan cek mobil bekas agar terhindar dari transaksi jual beli mobil ilegal yang akan merugikan Anda. Untuk memastikan pengecekan mobil bekas dilakukan dengan tepat, Anda bisa menggunakan jasa Otospector untuk melakukan inspeksi terhadap mobil bekas yang hendak Anda beli.
Reaksi:
Kategori: ,