Senin, 10 Desember 2018

5 Tips Agar Segera Berhenti Merokok

Kharazmi | Desember 10, 2018
5 Tips Agar Segera Berhenti Merokok

Membiasakan diri dengan tidak merokok sehari saja mungkin sangat berat bagi seorang yang sudah candu dengan rokok. Namun kamu harus tahu bahwa benar merokok itu membahayakan diri kamu dan orang-orang di sekitarmu.

Riset menyebutkan kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko stroke, mengembangkan penyakit jantung, dan kanker tertentu. Banyak orang menyadari bahaya tersebut, namun kesulitan menghentikan kebiasaan merokok.

Nah, bagi kalian yang ingin hidup sehat dengan menghentikan kebiasaan merekok, Kami memberikan lima tips agar resolusi berhenti merokok di tahun ini benar-benar terwujud.

1. Download aplikasi khusus untuk berhenti merokok

Melacak kemajuan kita melalui aplikasi dapat membantu kita termotivasi untuk berhenti merokok.

Dengan bantuan aplikasi khusus, kita juga dapat melacak berapa banyak uang yang telah kita hemat dan menunjukkan tingkat manfaat yang kita dapat dengan berhenti merokok bagi tubuh.

2. Hindari minuman yang terkait dengan merokok

Minum alkohol atau kafein seringkali terkait dengan merokok. Meminumnya kadang membuat kita kembali tergoda untuk merokok.

Minuman tersebut juga memicu keinginan untuk mengonsumsi minuman bersoda, yang tak sehat bagi tubuh.

Jadi, jika kita ingin berhenti merokok, kurangilah mengonsumsinya.

3. Cobalah terapi penggantian nikotin

Berkurangnya kadar nikotin dalam tubuh dapat menyebabkan ketagihan ketika kita tak lagi menghisap tembakau. Tentu ini membuat kebiasaan merokok muncul kembali.

Permen nikotin, rokok elektronik, atau plester nikotin dapat membantu menghentikan ketagihan dengan memberikan sedikit nikotin pada tubuh.

Seiring waktu, kita secara bertahap dapat mengurangi adiksi nikoti sampai kita benar-benar bebas dari kecanduan.

4. Cobalah obat khusus

Beberapa obat-obatan, seperti Champix dan Zyban, dapat diminum setiap hari dalam bentuk tablet, seperti yang ditentukan oleh dokter umum.

Obat-obatan tersebut dapat mengatasi kecanduan dengan mencegah nikotin mempengaruhi bagian otak yang meresponnya.

Cara ini membantu secara perlahan mengurangi perasaan nyaman yang kita dapatkan dari merokok.

Biasanya, obat-obatan ini bekerja maksimal dari tujuh hingga 12 minggu.

5. Optimis

Kita harus tahu bahwa memang benar merokok itu sesuatu hal yang sangat berbahaya bagi tubuh. Jika kamu memiliki sebuah keluarga dirumah, bayangkan keberlangsungan hidup mereka jika kamu tidak ada.

Nyakin dengan kemampuan kamu untuk bisa meninggalkan hal negatif seperti merokok dan menggantinya dengan hal-hal positif seperti rutin berolahraga.
Reaksi:
Kategori: ,